Profil

Dengan berpedoman pada visi yang telah ditetapkan yaitu "Mewujudkan Sektor Kelautan dan Perikanan di Kabupaten Tulungagung Sebagai Pusat Pertumbuhan dan Perkembangan Ekonomi Perikanan Terpadu yang Berwawasan Pada Pengelolaan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Secara Berkelanjutan" maka prioritas pembangunan perikanan Kabupaten Tulungagung tetap diarahkan pada pembangunan perikanan rakyat pedesaan, dengan harapan dapat meningkatkan serta mengangkat tingkat kehidupan pembudidaya ikan dan nelayan ke arah yang lebih layak dan baik.

Upaya untuk mencapai tujuan tersebut agar lebih mantap terarah, maka kebijaksanaan yang ditempuh sebagai pelaksaaan operasional pembangunan perikanan adalah dititikberatkan kepada peningkatan produksi dan produktivitas serta usaha perikanan yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan pembudidaya ikan dan nelayan melalui ekstensifikasi, intensifikasi dan rehabilitasi dengan produk orientasi pasar, pembinaan mutu dan pemilihan komoditas perikanan yang digemari.

Sejalan dengan tujuan pembangunan sektor perikanan di Kabupaten Tulungagung berdasarkan rencana operasional, untuk meningkatkan produksi perikanan diproyeksikan rata-rata 5 - 10 % per tahun. Hal tersebut didasarkan pada potensi sumber daya hayati perikanan yang ada, tenaga kerja yang cukup tersedia, kebutuhan konsumsi penduduk, sehingga pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan produksi pada masing-masing cabang usaha perikanan.

Untuk memperlancar perekonomian pada sektor usaha perikanan tangkap dan budidaya di Kabupaten Tulungagung telah dibangun dua PPI (Pelabuhan Penangkapan ikan) yaitu PPI Popoh dan PPI Sine, selain itu juga dibangun dua BBI (Balai Benih Ikan) yaitu BBI Jepun dan BBI Bolorejo.

Visi dan Misi

Visi

Visi adalah suatu gambaran menantang tentang keadaan masa depan yang berisikan cita dan cita yang ingin diwujudkan instansi pemerintah. Visi berkaitan dengan pandangan ke depan menyangkut ke mana instansi pemerintah harus dibawa dan diarahkan agar dapat berkarya secara konsisten dan tetap eksis, antisipatif, inovatif serta produktif.

Rumusan visi hendaknya: (a) mencerminkan apa yang ingin dicapai sebuah organisasi; (b) memberikan arah dan fokus strategi yang jelas; (c) mampu menjadi perekat dan menyatukan berbagai gagasan strategis yang terdapat dalam sebuah organisasi; (d) memiliki orientasi terhadap masa depan sehingga segenap jajaran harus berperan dalam mendefinisikan dan membentuk masa depan organisasinya; (e) mampu menumbuhkan komitmen seluruh jajaran dalam lingkungan organisasi; dan (f) mampu menjalin kesinambungan kepemimpinan organisasi.

Rumusan visi yang jelas diharapkan mampu: (a) menarik komitmen dan menggerakkan orang; (b) menciptakan makna bagi kehidupan anggota organisasi; (c) menciptakan standar keunggulan; dan (d) menjembatani keadaan sekarang dan keadaan masa depan.

Visi instansi perlu ditanamkan pada setiap unsur organisasi sehingga menjadi visi bersama (share vision) yang pada gilirannya mampu mengarahkan dan menggerakkan segala sumber daya instansi.

Berdasarkan pemikiran di atas dan mengingat tuntutan masyarakat yang semakin mendesak serta peran serta Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Tulungagung yang sedemikian besar dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksana pembangunan di bidang Kelautan dan Perikanan di Kabupaten Tulungagung, maka setelah melalui berbagai pemikiran, diskusi dan telaahan yang mendalam dari berbagai pihak yang terkait telah melahirkan rumusan visi sebagai berikut:

"Mewujudkan Sektor Kelautan dan Perikanan di Kabupaten Tulungagung sebagai Pusat Pertumbuhan dan Perkembangan Ekonomi Perikanan Terpadu yang Berwawasan Pada Pengelolaan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Secara Berkelanjutan"

Pernyataan visi tersebut merupakan idealisme, cita-cita, dan harapan dari segenap personel Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Tulungagung. Di samping komitmen dan profesionalitas juga diperlukan dukungan dan kerjasama yang konstruktif dari mitra kerja lingkup Dinas Petrikanan dan Kelautan beserta Pihak terkait. Sehingga visi tersebut perlu dipahami oleh seluruh pegawai dan segenap stakeholder berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi Dinas Kelautan dan Perikanan dalam rangka perwujudan pembangunan Kelautan dan Perikanan di Kabupaten Tulungagung.

Misi

Untuk mewujudkan visi Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Tulungagung, ditetapkan misi, yaitu:

  1. Peningkatan kualitas dan kuantitas fasilitas dan jasa sektor kelautan dan perikanan yang berdaya dukung pada perkembangan dunia usaha perikanan.
  2. Pemanfaatan sumber daya kelautan dan perikanan yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat perikanan.
  3. Meningkatkan peran serta masyarakat perikanan dan stakeholder dalam rangka pengendalian serta pengawasan pemanfaatan sumber daya kelautan dan perikanan yang berwawasan pada lingkungan.
  4. Meningkatkan koordinasi pelayanan tugas operasional dengan pihak terkait guna mendukung pertumbuhan dan perkembangan sektor kelautan dan perikanan.

Tujuan

Tujuan merupakan penjabaran visi dan misi tentang keadaan yang dicapai dalam jangka waktu 3-5 tahun yang akan datang yang bersifat ideal.

  1. Penyediaan fasilitas dan jasa yang memadai bagi nelayan, pembudidaya ikan serta pelaku usaha di bidang kelautan dan perikanan.
  2. Peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat nelayan, pembudidaya ikan serta pelaku usaha kelautan dan perikanan melalui pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan secara sistematis sehingga memiliki daya saing yang cukup tinggi.
  3. Terwujudnya kondisi lingkungan sumberdaya kelautan dan perikanan yang berkualitas dan terciptanya kelestarian daya dukung.
  4. Meningkatkan hubungan kerja yang koordinatif dan konsultatif dengan mitra kerja dalam rangka meningkatkan peran serta Dinas Kelautan dan Perikanan sebagai fasilitator pembangunan sektor kelautan dan perikanan

Sasaran

Sasaran adalah penjabaran dari tujuan tentang kondisi tertentu yang ingin dicapai melalui kegiatan yang bersifat spesifik, terinci, terukur dan dicapai.

  1. Meningkatnya fasilitas dan jasa baik dari segi sarana dan prasarana maupun pelayanan bagi seluruh pelaku usaha perikanan.
  2. Meningkatnya kontribusi sektor kelautan dan perikanan dalam rangka peningkatan perekonomian masyarakat perikanan.
  3. Menurunnya tingkat kerusakan pada tingkat pelanggaran pemanfaatan sumber daya kelautan dan perikanan.
  4. Meningkatkan usaha dan kualitas sumber daya manusia kelompok sasaran program kelautan dan perikanan.

Kebijakan

  1. Revitalisasi sarana dan prasarana pendukung sektor kelautan dan perikanan yang diimplementasikan dalam serangkaian program kegiatan meliputi:
    1. Peningkatan dan pengembangan pemanfaatan serta penyediaan fasilitas dan jasa sektor kelautan dan perikanan.
    2. Pengembangan Perikanan Tangkap.
    3. Pengembangan kawasan budidaya laut, air payau dan air tawar.
    4. Program pelayanan administrasi perkantoran.
    5. Peningkatan sarana dan prasarana aparatur.
    6. Peningkatan kapasitas sumber daya aparatur.
  2. Mengembangkan perikanan tangkap, budidaya dan pengolahan yang berdaya saing secara efisien,lestari dan berbasis kerakyatan yang diimplementasikan dalam serangkaian program kegiatan meliputi:
    1. Pemberdayaan nelayan, pembudidaya ikan, pengolah serta pelaku usaha kelautan dan perikanan.
    2. Pemberdayaan ekonomi masyarakat pesisir.
    3. Pengembangan budidaya perikanan.
    4. Optimalisasi pengelolaan dan pemasaran produksi perikanan.
    5. Pengembangan perikanan tangkap.
  3. Meningkatkan rehabilitasi dan konservasi sumber daya kelautan dan perikanan beserta ekosistemnya yang diimplementasikan dalam serangkaian program kegiatan meliputi:
    1. Konservasi dan pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan.
    2. Peningkatan budaya kelautan dan kawasan maritim kepada masyarakat.
    3. Perlindungan dan pelestarian habitat kritis oleh masyarakat dengan dukungan Pemerintah Daerah.
  4. Pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan berwawasan pembinaan yang diimplementasikan dalam serangkaian program kegiatan, meliputi:
    1. Pembinaan, bimbingan dan pendampingan program guna pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan berbasis kerakyatan.
    2. Pengembangan sistem penyuluhan perikanan.
    3. Pemberdayaan dan pendampingan pengelolaan Kelompok Usaha Bersama(KUB) yang lebih mandiri dan profesional.

Program dan Kegiatan

Program Pembangunan Kelautan dan Perikanan

Program merupakan penjabaran dari langkah-langkah pokok yang diambil untuk menindaklanjuti kebijakan. Program yang ditetapkan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Tulungagung adalah sebagai berikut:

  1. Peningkatan dan pengembangan pemanfaatan serta penyediaan fasilitas dan jasa sektor kelautan dan perikanan.
  2. Pemberdayaan nelayan, pembudidaya ikan, pengolah serta pelaku usaha kelautan dan perikanan.
  3. Konservasi dan pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan.
  4. Pembinaan, bimbingan dan pendampingan program guna pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan berbasis kerakyatan.

Kegiatan Pembangunan Kelautan dan Perikanan

  1. Penyuluhan Budaya Kelautan.
  2. Pembinaan dan Pengembangan Perikanan.
  3. Pemberdayaan Aquabisnis Perikanan.
  4. Promosi dan Gelar Produksi Kelautan dan Perikanan.
  5. Peningkatan Pemasaran Hasil Produksi Perikanan.
  6. Pengembangan dan Pengelolaan Usaha Masyarakat Perikanan Budidaya.
  7. Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Berbasis Perikanan Budidaya.
  8. Perencanaan, Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan Kegiatan Dinas Kelautan dan Perikanan.
Joomla templates by Joomlashine