Program Unggulan Lomba Adibakti Mina Bahari Tahun 2009:

  1. Juara I Nasional Budidaya Ikan Lele di Jakarta Dari Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Tahun 2009.
  2. Juara I Nasional Kelompok Nelayan Tangkap di Jakarta Dari Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Tahun 2009.

Lomba Adibakti Mina Bahari diadakan dalam rangka meningkatkan peran usaha perikanan tangkap dalam pembangunan sektor kelautan dan perikanan, serta sebagai wujud penghargaan pemerintah kepada pemangku kepentingan, Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap, Kementerian Kelautan dan Perikanan menyelenggarakan pemilihan individu/lembaga teladan yang dinilai layak untuk menerima penghargaan.

Kategori Penghargaan:

  1. Nelayan Teladan
    Diberikan kepada Nelayan yang dinilai berhasil dalam menjalankan usahanya dan memberikan kontribusi bagi masyarakat dan/atau pengelolaan kelestarian sumberdaya ikan dan lingkungan.
  2. Tokoh Penggerak Pembangunan Perikanan Tangkap Teladan
    Diberikan kepada Tokoh Masyarakat dalam suatu kelompok yang diakui dan dinilai mempunyai komitmen dalam pembangunan perikanan tangkap serta telah memberikan kontribusi bagi masyarakat dan/atau pengelolaan sumberdaya ikan dan lingkungan untuk perikanan berkelanjutan.
  3. Perusahaan Perikanan Teladan
    Diberikan kepada perusahaan (swasta / perorangan) perikanan skala kecil yang dinilai mempunyai komitmen dalam pengembangan usaha perikanan tangkap serta telah memberikan kontribusi bagi masyarakat, pembangunan perikanan tangkap dan/atau pengelolaan kelestarian sumberdaya ikan dan lingkungan.
  4. Kelompok Usaha Bersama (KUB) Teladan
    Diberikan kepada Kelompok Usaha Bersama (KUB) Perikanan Tangkap yang dinilai berhasil dalam pengembangan usaha (jenis dan skala) serta memberikan manfaat dalam peningkatan pendapatan anggotanya.
  5. Tempat Pendaratan Ikan Teladan
    Diberikan kepada Pengelola Tempat Pendaratan Ikan yang dinilai berhasil dalam penyelenggaraan operasional sebagai pelabuhan perikanan atau pangkalan pendaratan ikan meliputi administrasi, teknis, K3 (Kebersihan, Keamanan dan Ketertiban) dan dinilai mampu memberikan manfaat dalam peningkatan nilai tambah bagi nelayan dan masyarakat sekitar.
  6. Perusahaan Perikanan Tangkap Terpadu Teladan
    Diberikan kepada Perusahaan Perikanan Skala Besar yang dinilai mempunyai komitmen mengimplementasikan investasinya, mendukung pengembangan usaha perikanan tangkap skala kecil melalui jalinan kemitraan, serta telah memberikan kontribusi bagi masyarakat, pembangunan perikanan tangkap dan/atau pengelolaan kelestarian sumberdaya ikan dan lingkungan.
  7. Asosiasi Perikanan Teladan
    Diberikan kepada Asosiasi Perikanan yang dinilai berhasil melakukan pembinaan kepada anggotanya dalam mendukung pengembangan usaha perikanan tangkap dan/atau pengelolaan kelestarian sumberdaya ikan dan lingkungan.

Catatan:

Khusus untuk kategori Perusahaan Perikanan Tangkap Terpadu Teladan dan Asosiasi Perikanan Teladan, hanya diselenggarakan ditingkat pusat.

Joomla templates by Joomlashine