Saat ini kegiatan budidaya ikan tidak lagi dimonopoli oleh kaum lelaki. Sebagian wanita telah menekuni kegiatan ini sebagai aktivitas produktif. Bahkan, di Desa Bendiljati Wetan Kecamatan Sumbergempol para wanita pembudidaya tersebut mengelola kegiatannya dengan cukup profesional melalui pembentukan kelompok pembudidaya ikan (pokdakan), yaitu Pokdakan Mina Lestari.

Saat ini tercatat 27 wanita pembudidaya ikan menjadi anggota pokdakan yang sebagian besar komoditasnya didominasi oleh ikan hias, patin dan gurami.

Atas keberhasilan menggerakkan wanita pembudidaya ikan tersebut, Siti Nikmaziah, Ketua Pokdakan Mina Lestari, mendapat penghargaan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Perikanan dan Kelautan (DPK) Provinsi Jawa Timur.

Penghargaan sebagai Penggerak Wanita untuk Pembudidaya Ikan Tahun 2012 diterima Siti Nikmaziyah dalam Gebyar Perikanan dan Kelautan Jawa Timur Tahun 2012 yang diselenggarakan di JX International Surabaya pada tanggal 19 November 2012.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Tulungagung, Ir. Hendry Setyawan, M.Si, yang mendampingi Siti Nikmaziyah dalam penerimaan penghargaan tersebut berharap agar penghargaan ini dapat menambah motivasi untuk terus mengenalkan kegiatan budidaya ikan bagi wanita khususnya di Kabupaten Tulungagung sehingga peran budidaya ikan sebagai salah satu sumber ketahanan pangan dan peningkatan ekonomi keluarga dapat terwujud dengan baik.

Leave your comments

Post comment as a guest

0
  • No comments found